Tantangan besar yang dihadapi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA kedepan adalah ketatnya persaingan akibat globalisasi dan pasar terbuka dan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini telah banyak membawa kehidupan di era disruption atau new normal.

UHAMKA sudah memiliki 3 (tiga) lembaga yg menopang 3 (tiga) dharma dari Catur Darma PTM. Namun belum memiliki lembaga yg menopang dharma pendidikan dan pengajaran, padahal darma inilah yg menjadi core business Uhamka.

Perkembangan dan dinamika pendidikan bergerak secara eksponensial. Jika tidak merespon dengan cepat, Uhamka hanya akan menjadi incumbent yg kehilangan relevansi dalam dunia yg bergerak cepat di era revolusi industri 4.0.

Disamping menjadi kekuatan penggerak Dakwah, seluruh PTM termasuk UHAMKA, diamanahi untuk terus berkembang sebagai pusat unggulan. Maka, penting bagi UHAMKA untuk membangun keunggulannya pada dharma pendidikan dan pengajaran, sehingga mampu memiliki daya saing, dan terus bergerak maju menjadi salah satu kampus yang diperhitungkan di level internasional.

Maka untuk itu perlu dibuatkan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LPPP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA untuk memperkuat dan memastikan core business berjalan dengan baik